SOSIALISASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT

SOSIALISASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung mengadakan sosialisasi Layanan aspirasi pendukung online rakyat atau disingkat LAPOR!, di Auditorium Rosada, Jl. Wastukancana No.2, Jumat (27/09/2013).

Sosialisasi aplikasi yang memungkinkan untuk melibatkan partisipasi publik dan meningkatkan interaksi dua arah antara masyarakat dan pemerintah dalam pengawasan program-program pembangunan, karena memiliki fitur-fitur aplikasi yang canggih sehingga memudahkan diakses oleh publik, partisipasi dan interaksi publik ini dijaring penerimaan dan tindak lanjut aspirasi dan pengaduan, yang semuanya terdokumentasi dalam aplikasi LAPOR!

Dikatakan Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil, “Melalui sistem pengaduan online yang bisa di tracking, semua keluhan atau pengaduan bisa diawasi, saya akan sangat mudah mengamati interaksi antara masyarakat dan pemerintah kota, mudah ketahuan mana yang cepat diselesaikan, dinas-dinas mana yang lambat diselesaikan atau dinas-dinas yang tidak merespon sama sekali, sehingga saya bisa mudah dalam melakukan evaluasi,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, “Canggihnya LAPOR! ini ada track record nya, yang kapan saja mudah terakses, saya telah minta pada sekretaris daerah untuk menyiapkan operator-operator yang siap bekerja 24 jam, sehingga tiap laporan bisa dengan cepat terdistribusikan”.

Ridwan menerangkan tiap warga bisa melaporkan permasalahan pembangunan, “nanti ada operator yang mendistibusikan ke dinas yang berkaitan dengan masalah itu, lalu dinas tersebut harus secepatnya menyelesaikan masalah itu, apabila pelapor atau warga itu complain atau tidak puas dengan kinerja penyelesaian masalah itu, pelapor bisa menuliskan di lembar percakapannya, dan ini ada rekamannya.”

LAPOR! merupakan sistem berbasis media sosial yang dibangun dan dikelola oleh unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), melalui aplikasi ini semua aspirasi dan pengaduan mengenai program-program pembangunan diawasi oleh Ombudsman RI, terpadu dengan 67 kementrian/lembaga pemerintah pusat, menggunakan tiga kanal utama yang mudah diakses masyarakay memlaui situs web www.lapor.go.id, SMS 1708 melalui semua operator teleopn seluler, serta aplikasi mobile melalui Blackberry dan Android.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Bulgan Alamin menjelaskan, “Melalui Pelayanan Pengaduan Masyarakat Kota Bandung bisa melalui telepon, SMS, atau melalui email diskominfo@bandung.go.id juga warga bisa bertatap langsung melaporkan setiap permasalahan yang berhubungan dengan pemerintah kota, di setiap dinas juga telah tersedia kotak pengaduan,” Pungkasnya.

www.bandung.go.id)

  • 27 September 2013

  • oleh sysadmin

  • Sumber Dinas Komunikasi dan Informatika

  • dibaca 6.064 kali

Social Share